Pay Pal

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Thursday, February 10, 2011

Ular Berkaki

Ular berkepala 5


Fosil ular berkaki di ju
mpai di Lebanon

Ular ternyata dulu berkaki. Hal itu diketahui setelah ilmuwan mempelajari fosil ular berusia 95 juta tahun yang ditemukan tahun 2000 di Desa Al-Nammoura, Lebanon.

Berbeda dengan tulang kaki depan yang terlihat jelas, para peneliti harus menggunakan sinar X dan pencitraan resolusi tinggi tiga dimensi (3D) untuk bisa melihat tulang kaki belakang yang tersembunyi dalam fosil batuan.

Menurut Journal of Vertebrate Paleontology yang dikutip BBC, Selasa (8/2/2011), pertumbuhan kaki ular Eupodophis descouensi kian lambat hingga akhirnya hilang.

Para peneliti Museum Nasional d’Histoire Naturelle, Perancis, hanya menemukan tulang bagian pergelangan kaki. "Bisa jadi pergelangan kaki atau bagian kaki lain patah atau hilang seiring perjalanan waktu," kata Alexandra Houssaye dari museum itu.

Dari bukti-bukti yang ada, ular mulai kehilangan kakinya sekitar 150 juta tahun lalu.



Ular berkaki dua ditemui di Mexico




Ular bekaki empat


Penduduk Gowa di Sulawesi Selatan gempar setelah menemui seekor ular berkaki empat yang lengkap dengan lima jari di kakinya, lapor akhbar Bali Post semalam. Kejadian di Sungguminasa kelmarin itu ditemui oleh seorang anggota calon wakil rakyat, Muh Hatta Hamzah Karaeng Gajang ketika beliau berada di pejabat partinya.

Ketika kejadian, Muh Hatta sedang bermain domino namun beliau hanya menyedari kehadiran ular itu beberapa minit kemudian. Ular berkenaan berukuran 15 sentimeter panjang itu berjalan dan tidak menyusur seperti biasa.

Muh Hatta yang terkejut melihat reptilia itu kemudian menyimpannya di dalam sebuah balang setelah mendapati haiwan itu jinak dan unik.


Ditemui di China
Add Image

Ular bekaki dua ditemui di Sabah


KENINGAU 14 Okt 2009. - Fakta sains menyebut, ular tidak berkaki tetapi di daerah ini, lain yang berlaku apabila seorang penduduk menjumpai ular berkaki.

Ular sepanjang satu meter dan sebesar batang penyapu itu ditemui oleh Jackly Madius Lamangki di Jalan Kampung Bangau di sini ketika dalam perjalanan ke kebunnya.

Bapa saudara Jackly, Richard Raymond memberitahu, akibat takut melihat ular itu 'berjalan', anak saudaranya bertindak melanggar ular tersebut.

''Dia membawa ular yang telah mati itu ke rumah dan menunjukkan kepada kami. ''Kami amat terkejut melihat kaki ular itu terletak di bahagian tengah badan," katanya.

Dia menjelaskan, Jackly membawa bangkai haiwan tersebut pulang ke rumah untuk diawet. Bagaimanapun, bangkai ular itu dibuang oleh ibu Jackly.

''Mujur, dia ada mengambil gambar ular tersebut bagi membuktikan kebenaran penemuan ular pelik ini," katanya. Menurut Richard, ini merupakan kali pertama ular sedemikian rupa ditemui di daerah ini.

No comments:

Post a Comment